Kelebihan dan Kekurangan Material Pada Manhole Cover

10
Manhole cover

Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pemilihan material yang tepat akan memastikan manhole cover berfungsi dengan baik dan tahan lama.


Hai logam lovers semuanya! Back again with mimin cantik disini. Pasti kalian udah hafal dong mimin disini tuh tujuannya mau ngapain. Yups, mimin disini akan membuat artikel lagi untuk logam lovers semuanya. Kira-kira mimin hari ini akan membuat artikel apa ya? Artikel kali ini akan membahas tentang edukasi material manhole cover. Artikel ini nantinya akan berguna bagi logam lovers yang mempunyai atau bahkan membutuhkan fasilitas jalanan manhole cover.

Pasti logam lovers sudah tidak asing lagi dengan manhole cover ini ya. Manhole cover yang diciptakan sebagai penutup lubang akses ke saluran bawah tanah memiliki kelebihan dan kekurangan pada materialnya loh guys. Seperti hal nya setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan ya love, apalagi dimata doi hehe. Kira-kira apa ya kelebihan dan kekurangan material manhole cover? Yuk mari kita bahas bersama sama.

Kekurangan dan Kelebihan Material Manhole Cover

Manhole cover umumnya terbuat dari dua material utama, yaitu besi cor (cast iron) dan beton. Berikut kekurangan dan kelebihan material tersebut:

  • Besi cor (cast iron)

Kelebihan: Besi cor memiliki kekuatan tarik dan tekan yang sangat baik, sehingga mampu menahan beban berat dari kendaraan yang melintas di atasnya. Besi cor tidak mudah rusak akibat perubahan suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Selain itu, Dengan perawatan yang tepat manhole cover dari besi cor dapat bertahan selama puluhan tahun bahkan lebih.

Kekurangan: Besi cor meskipun kuat, rentan terhadap korosi terutama jika terpapar lingkungan yang lembab atau mengandung zat kimia dan bobot besi cor yang cukup berat membuat proses pemasangan dan perawatan menjadi lebih sulit. Sehingga, dibutuhkan peralatan khusus untuk mengangkat dan memindahkan manhole cover dari besi cor, terutama yang berukuran besar.

  • Beton

Kelebihan: Bahan baku pembuatan beton seperti pasir, semen, dan agregat umumnya lebih mudah didapatkan dan harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan besi cor. Dan juga beton dapat dibentuk menjadi berbagai macam ukuran dan bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan: kekuatan tarik rendah pada manhole yang membuatnya rentan terhadap retak jika terkena beban tarik yang berlebihan, misalnya akibat beban tumbukan atau beban kendaraan yang melintas di atasnya. Manhole cover beton ini juga kurang tahan terhadap cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan retak, keropos, hingga pecah.

Selain dua material utama tersebut, ada juga beberapa material lain yang digunakan untuk membuat manhole cover seperti komposit, polimer beton dan logam lainnya. Namun, material tersebut kurang umum untuk digunakan. Dalam memilih manhole cover tentunya juga memiliki beberapa faktor loh lovers. Seperti, beban yang akan ditanggung, kondisi lingkungan, anggaran hingga estetika.

Saatnya infomasi penting untuk logam lovers! Kami dari Putra Sari Logam memproduksi berbagai variasi grill unik yang terjamin dengan kualitas produk nasional loh. Kalian bisa langsung cek di Grill-manholecover.com. Logam lovers juga bisa menambahkan desain/ornament, kami siap melayani customer dengan hasil yang memuaskan. Selain grill Putra Sari Logam juga memproduksi seperti lampu, kursi, bollard dan masih banyak lagi. Logam lovers ingin info lebih lanjut? Silahkan hubungi nomor dibawah ini:

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@grill-manholecover.com

Comments are disabled.